Tips Melakukan Amalan di Bulan Ramadhan dengan Cara yang Menyenangkan

Katakan Yunus - Ramadhan, apa yang kalian pikirkan tentang Ramadhan? Ya, yang kita pikirkan adalah bagaimana beribadah dengan baik, bagaimana melakukan amalan dengan baik walaupun yang paling sering kita pikirkan adalah bagaiamana melakukan banyak hal menyenangkan ketika bulan Ramadhan. Bagaimanakah cara melakukan amalan di bulan ini dengan cara yang menyenangkan? Baiklah, mari kita simak uraian di bawah :

1. Buatlah Jadwal Khusus untuk Ramadhan
Dengan membuat jadwal khusus untuk bulan Ramadhan, kita menjadi lebih disiplin dan selalu ingat akan kewajiban menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

2. Mengatur Waktu dengan Tepat
Kita sebaiknya mengatur waktu dengan tepat. Kapan waktu beribadah, beristirahat, dan bersenang-senang. Contohnya ketika kita ingin khatam Al-Quran di bulan ini. Agar lebih mudah dipahami, simak dialog berikut ini:

Q  :  Kak Yunus, bagaimanakah cara khatam Al-Quran di bulan ini dengan cara yang menyenangkan dan tidak terlalu menguras waktu?
A  :  Kamu bisa mengaji 4 halaman setelah sholat 5 waktu. Mengapa 4 halaman? Karena 1 juz Al-Quran biasanya berjumlah 20 halaman. Jika kamu membaca 4 halaman setelah sholat wajib, maka kamu menyelesaikan 1 juz dalam sehari. "4 halaman x 5 waktu = 1 juz". Dengan melakukan itu, kamu tidak terlalu terbebani sehingga harus menggunakan jurus kuda pacu(Sekali duduk langsung selesai 1 juz)

3. Membawa Benda yang Mengingatkan
Q  :  Kak, maksudnya apa sih  benda yang mengingatkan itu?
A  :  Benda yang mengingatkan yang saya maksud adalah benda yang dapat membuatmu mengingat sesuatu, dalam hal ini adalah ibadah di bulan Ramadhan.

Q  :  Terus, gimana  sih cara ngelakuinnya?
A  :  Kamu ingat-ingat suatu barang yang berhubungan dengan bulan Ramadhan. Misalnya ketupat. Nah, kamu bisa bawa gantungan kunci berbentuk ketupat sehingga ketika kamu melihatnya, maka kamu akan ingat bulan Ramadhan. Kamu juga bisa membawa catatan kecil untuk mengingatkan kamu atau menyelipkan gambar yang berupa kartu ucapan dan sejenisnya ke dalam dompet atau saku celana.

Itulah sedikit tips sederhana dari saya. Kalau kamu merasa terinspirasi, kamu bisa share tips ini :-)
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
Post a Comment
Thanks for your comment